↑ Return to Matakuliah

e-commerce

SILABUS

Program Studi Akuntansi – Fakultas Ekonomi

Universitas Muhammadiyah Malang

 Semester Ganjil 2011/2012

 

IDENTITAS MATAKULIAH:

Kode MK:

 

Nama MK:

E Commerce

Kredit:

3 sks

Semester:

VII

MK Prasyarat:

IDENTITAS DOSEN:

Dosen:

Rahmad Wijaya, S.E., M.M

Kantor:

1. Program Studi Manajemen 0341-464318 ext 2142. Lembaga Infokom 0341-464318 ext 178, 159

Telephone:

08123581292

E-mail:

 rahmad@umm.ac.id atau wied68@yahoo.com

Blog:

http://rahmadwijaya.staff.umm.ac.id

Buku Teks Wajib:

Budi Sutedjo Dharma Oetomo, S.Kom., MM ; 2002; Perspektif E-Business Tinjauan Teknis, Managerial Dan Strategi ; Penerbit : Andi Yogyakarta 

Buku teks Tambahan :

  1. DR. Eko Indrajit; 2001; E-Commerce Kiat dan strategi bisnis di dunia maya; Penerbit Elex Media Komputindo.
  2. Feri Sulianta; 2009; Web Marketing; Penerbit Andi; Yogyakarta
  3. Raymond McLeod Jr, dan George P. Schell  ; 2008; Sistem Informasi Manajemen edisi 10, Penerbit Salemba Empat Jakarta; ISBN 978-979-691-453-1

Deskripsi:

Perkembangan bisnis bergeser dari bisnis konvensional ke bisnis online. Hal ini salah satunya disebabkan oleh adanya kemajuan teknologi informasi yang sangat dramatis dalam beberapa tahun terakhir. Bisnis sekarang berada pada era elektronik, online, digital, mobile, dan interaktif. Salah satu konsep yang dinilai sebagai paradigma bisnis baru adalah e-commerce atau e-business.

Tujuan Perkuliahan:

Perkuliahan e-commerce ini bertujuan memberikan pemahaman tentang perdagangan elektronik ditinjau dari sisi teknis, manajerial, dan strategis.

Mahasiswa akan menelusuri berbagai isu terkait melalui tinjauan pustaka, browsing web, presentasi dan partisipasi aktif kelas. Setelah menyelesaikan matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan mengenai aspek teknis, manajerial dan strategis pemanfaatan e-commerce dalam perusahaan berbasis online maupun wirausahawan yang mempergunakan sarana e-commerce .

Minggu ke

Pokok Bahasan

Referensi

1

Silabus dan Kontrak Pembelajaran

2

  • Bumiku Planet Internet
  • Kilas Balik Internet
Bab 1Bab 2

3

  • Ketersediaan Infrastruktur Teknologi Informasi
  • Infrastruktur Alternatif
Bab_3Bab 4

4

Penghematan dan Pengamanan Jaringan Bab_5

5

  • Internet: Kunci Pengembangan Bisnis Menuju Skala Dunia
  • Fenomena Industri Internet
Bab_6Bab 7

6

Transformasi Bisnis Menuju e-Business Bab 8

7

e-Business, m-Business, i-Business Bab 9

8

Ujian Tengah Semester Bab 1 – 9

9

  • e-Mail: Media Murah, Order Besar
  • Web: Artistik, Murah, Interaktif
Bab 10Bab 11

10

  • Sistem Informasi : Tuntutan Kompetisi Perusahaan e-Business
  • Sistem Informasi e-Business
Bab 12Bab 13

11

Tahap-tahap Pembangunan Sistem e-Business Bab 14

12

  • Membangun Sistem e-Business Berbasis Perspektif Pemakai
  • Komunitas e-Business
Bab 15Bab 16

13

  • Strategi dalam e-Business
  • Jangan Gegabah Berinvestasi
Bab 17Bab 18

14

Strategi Manajemen SDM Bab 19

15

Diskusi Kelas

16

Ujian Akhir Semester Bab 7-11

KEBIJAKAN PENILAIAN

Keaktifan                                                          10 %

Laporan tertulis tugas kelompok                    20 %

Ujian Tengah Semester                                   30 %

Ujian Akhir Semester                                       40 %

T O T A L                                                    100 %

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

Captcha Garb (1.5)