↑ Return to Matakuliah

Manajemen Pemasaran I

Matakuliah : MANAJEMEN PEMASARAN I
Fakultas / Program Studi : Ekonomi / Manajemen
Jumlah SKS : 3 (tiga) sks
Jumlah Pertemuan : 14 kali tatap muka, 2 kali ujian
Lama setiap Pertemuan : 3 x 50 menit
Mata Kuliah Prasyarat : Pengantar Manajemen
Dosen Pengajar : 1. Rahmad Wijaya, SE, MM
rahmad@umm.ac.id, wied68@yahoo.com
2. Drs. Dicky Wisnu Usdekriyanto, M.M.
dickywisnuusdek@gmail.com

Evaluasi                                    :

Unsur Penilaian %
Tugas Terstruktur (download) 15
Kuis Online 20
Midle Test 25
Final Test 30
Presentasi & Partisipasi 10
T o t a l 100

Diskripsi :  Mata kuliah ini diberikan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang konsep dasar manajemen pemasaran secara menyeluruh dan bagaimana prinsip-prinsip tersebut diaplikasikan pada lingkungan bisnis. Oleh karena itu setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menggunakan dasar-dasar analisis yang diperoleh untuk pengambilan keputusan pemasaran.

Perincian Mata Kuliah :

Minggu ke Pokok Bahasan

Bab

1 & 2 Membahas Silabus & metode pembelajaran, kontrak kuliah, pembentukan kelompok.
BAGIAN I : MENDEFINISIKAN PEMASARAN DAN PROSES PEMASARAN

  1. Pemasaran: Mengelola Hubungan Pelanggan yang Menguntungkan
  2. Perusahaan dan Strategi Pemasaran: Kemitraan untuk Membangun Hubungan Pelanggan

1

2

3 & 4 BAGIAN II : MEMAHAMI PASAR DAN KONSUMEN

  1. Lingkungan Pemasaran
  2. Mengelola Informasi Pemasaran
  3. Pasar Konsumen dan Perilaku Pembelian Konsumen

3

4

5

5, 6 & 7 BAGIAN III : MERANCANG STRATEGI PEMASARAN YANG BERORIENTASI PELANGGAN DAN BAURAN PEMASARAN TERINTEGRASI

  1. Strategi Pemasaran yang digerakkan oleh Pelanggan: Menciptakan Nilai Bagi Pelanggan Sasaran.
  2. Produk, Jasa, dan Strategi Penentuan Merek
  3. Pengembangan Produk Baru dan Strategi Siklus-Hidup Produk
  4. Penetapan Harga Produk: Memahami dan Menangkap Nilai Pelanggan

7

8

9

10

8 Ujian Tengah Semester
9,10, 11, 12, & 13 BAGIAN III (LANJUTAN) : MERANCANG STRATEGI PEMASARAN YANG DIGERAKKAN OLEH PELANGGGAN DAN BAURAN PEMASARAN TERINTEGRASI

  1. Saluran Pemasaran dan Manajemen Rantai Pasokan
  2. Pengeceran dan Perdagangan Grosir
  3. Mengomunikasikan Nilai Pelanggan: Strategi Komunikasi Pemasaran Terintegrasi
  4. Periklanan dan Hubungan Masyarakat
  5. Penjualan Personal dan Promosi Penjualan
  6. Pemasaran Langsung dan Pemasaran Online: Membangun Hubungan Pelanggan secara Langsung

12

13

14

15

16

17

14 BAGIAN IV: PERLUASAN KONSEP PEMASARAN

Pasar Global
Etika Pemasaran dan Tanggung Jawab Sosial

19

20

16 Final Test

Informasi Penting:

  1. Setiap kelas dibentuk kelompok-kelompok belajar. Satu kelompok terdiri dari maksimal 5 mahasiswa. Setiap mahasiswa wajib menjadi anggota salah satu kelompok belajar. Lihat panduan Student Dentered Learning (SCL).
  2. Setiap mahasiswa wajib membaca materi sebelum perkuliahan di mulai.
  3. Setiap mahasiswa wajib mengerjakan kuis online pada situs http://kuis-online.umm.ac.id. Hasil kuis merupakan salah satu elemen nilai.
  4. Tugas terstruktur (kelompok) harus dikumpulkan tepat pada waktunya. Keterlambatan berakibat pada pengurangan nilai 10% untuk hari pertama, dan 5% per hari untuk hari berikutnya (termasuk hari minggu dan libur).
  5. Mahasiswa yang tidak ikut mengerjakan tugas dilarang untuk dituliskan pada laporan.

Penugasan :

Ketentuan tentang tugas terstruktur akan diatur kemudian oleh dosen pengajar.

Referensi Wajib disarankan:

  1. Kotler, Philip & Amstrong, Gary, 2008, Prinsip-prinsip Pemasaran, edisi 12, jilid 1, alih Bahasa Bob Sabran, M.M., Penerbit Erlangga, Jakarta
  2. Kotler, Philip & Amstrong, Gary, 2008, Prinsip-prinsip Pemasaran, edisi 12, jilid 2, alih Bahasa Bob Sabran, M.M., Penerbit Erlangga, Jakarta

Referensi Wajib alternatif:

1. Philip Kotler dan Gary Amstrong, 2003, Dasar-dasar Pemasaran ; jilid 1 ; edisi ke sembilan ; terjemahan ; PT Indeks, Jakarta
2. Philip Kotler dan Gary Amstrong, 2004, Dasar-dasar Pemasaran ; jilid 2 ; edisi ke sembilan ; terjemahan ; PT Indeks, Jakarta

Suplemen:

  1. Cannon, Perreault, McCarthy, 2008, Pemasaran Dasar edisi 16, buku 1, penterjemah Afia R. Fitriati & Ria Cahyani, Penerbit Salembag Empat, Jakarta
  2. Cannon, Perreault, McCarthy, 2008, Pemasaran Dasar edisi 16, buku 2, penterjemah Afia R. Fitriati & Ria Cahyani, Penerbit Salembag Empat, Jakarta
  3. Kotler & Amstrong, 1991, Principles of Marketing, Fifth Edition, Prentice Hall, Englewood Cliffs, New Jersey
  4. Kotler & Amstrong, 1997, Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 3, jilid 1, penterjemah Imam Nurmawan, SE, Penerbit Erlangga, Jakarta
  5. Kotler & Amstrong, 1997, Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 3, jilid 2, penterjemah Imam Nurmawan, SE, Penerbit Erlangga, Jakarta
  6. Lamb, Hair, Mc Daniel, 2001, Pemasaran, edisi 5, buku 1, penterjemah David Octarevia ; Penerbit Salemba Empat, Jakarta
  7. Lamb, Hair, Mc Daniel, 2001, Pemasaran, edisi 5, buku 2, penterjemah David Octarevia ; Penerbit Salemba Empat, Jakarta

Download Silabus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This site is using WP Check Spammers from Xavier Media to filter out spam comments.